Cara Bernafas Saat Latihan Beban

Diposkan oleh mermanarts on Sabtu, 05 Januari 2013

 walau latihan beban terhitung type latihan yang aktif, bernapas juga memainkan peran mutlak. dengan ilmiah, bernapas memanglah belum dipastikan dapat merubah hasil dari latihan beban. tetapi, tehnik bernapas yang baik waktu latihan bisa menolong anda meraih hasil paling baik latihan serta menghindari anda dari risiko cedera.

yuk, simak penjelasan di bawah ini untuk pelajari selanjutnya :

ketentuan bernapas waktu lakukan latihan beban :

tarik napas ( bernapas didalam ) saat anda turunkan beban serta menghembuskan napas waktu anda mengangkat beban. contohnya, saat anda lakukan bench press, anda menghirup napas waktu anda turunkan beban serta menghembuskan napas waktu anda mengangkat beban.
bila anda tidak meyakini bagaimana aturan diatas berlaku pada 1 type latihan beban, coba tarik napas saat lempeng beban anda turunkan serta hembuskan napas saat lempeng beban dinaikan. contohnya, saat anda lakukan leg press, hembuskan napas saat anda sedang berikan beban pada kaki anda serta sebaliknya. lantas, satu nafas ( masuk serta keluar ) untuk satu repetisi.

apa yang berlangsung bila anda tidak dapat mengingat kapan mesti menarik atau menghembuskan napas ? apakah mesti menahan napas ?

baiknya janganlah, anda tak perlu menahan nafas. bila anda berhenti mengambil napas untuk seluruh repetisi, tekanan darah anda dapat meningkat dengan penting serta berikan tekanan pada jantung. anda kemungkinan dapat alami sakit kepala atau pusing.

didalam sebagian situasi, terutama waktu anda mengangkat beban yang berat, tanpa sengaja anda menutup saluran hawa ( tenggorokan serta saluran hidung ) namun tetap berupaya mengeluarkan hawa. fenomena ini dikatakan sebagai manuver valsalva.

efek dari manuver valsalva yaitu mengurangi aliran darah ke jantung. disamping itu, tekanan yang terlalu berlebih bisa bikin orang tersebut pingsan, menggumpalnya darah yang mengakibatkan darah berupaya keluar dari pembuluh darah, detak jantung yang tidak reguler sampai serangan jantung.

lantas, didalam masalah terburuk saat anda tidak dapat menarik serta mengeluarkan napas dengan benar, anda baiknya bernapas saja layaknya biasa. bernapas dengan normal tambah baik dari pada menahan napas anda. terkadang, powerlifters serta binaragawan juga menahan nafas sepanjang satu set yang amat berat, sepanjang sebagian detik, namun itu bukan hanya suatu hal yang orang awam atau weightlifter pemula mesti dikerjakan.

tak perlu cemas bila anda tidak bisa lakukan pernapasan dengan benar. diperlukan waktu untuk menguasainya. sesudah anda mempelajarinya serta membiasakan diri, anda dapat bernapas dengan benar layaknya bernapas dengan alami. mengatur napas waktu mengangkat beban amatlah mutlak. tak hanya melindungi supaya oksigen terus beredar didalam tubuh, mengatur napas juga berguna berikan hasil yang optimal waktu berolahraga.

lantas, sesudah pelajari tehnik pernapasan, anda dianjurkan janganlah menahan napas saat mengangkat beban berat, terhitung saat anda mengangkat perabot berat rumah, layaknya mebel atau lemari.
More aboutCara Bernafas Saat Latihan Beban

Cara Latihan Fitness Yang Benar

Diposkan oleh Sohibul Fadlillah on Rabu, 19 Desember 2012

Berikut Cara Latihan Fitness Yang Benar, mengingat banyak orang yang gagal dalam berfitness dikarenakan tidak tau cara Fitness yang benar.

Fitness Yang Benar
Seringkali olah latihan fitness namun tidak diiringi pengetahuan tentang fitness, yang dia dapatkan bukan tubuh yang indah, melainkan pegal-pegal dan capek. Seperti orang yang ingin mengunjungi sebuah jalan, pasti harus tau jalannya, kalau tidak orang itu hanya akan kesasar.

Kemaren sudah dibahas Latihan Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan, tapi setelah saya buat artikel tersebut, saya sempat berfikir kalau step-step Fitnes Yang Benar lebih penting saya sampaikan terlebih dahulu sebenarnya, jadi saya terlambat membuat artikel ini, tapi tidak apa, daripada tidak dibuat sama sekali.

Berikut ini cara fitness yang benar yang harus kalian perhatikan sebelum berlatih total:

  • Lakukan secara keseluruhan dalam arti carilah tempat fitness yang memiliki alat yang lengkap untuk seluruh tubuh jadi kamu diharuskan melatih seluruh otot tubuh kamu lakukan sesuai jadwal selama 5 – 6 bulan. Usahakan jangan sampai kamu memiliki otot lengan dan dada yang atletis namun kaki kamu tidak sesuai dengan tubuh bagian atas. Jika dibayangkan pasti akan terlihat lucu, karena bagian badan atas kekar tapi badan bagian bawah terlihat tidak kekar.
  • Lakukan secara bertahap hitunglah beban dan memulai dari beban yang ringan. Hindari menggunakan beban yang berat secara langsung, karena hal ini sangat membahayakan otot kamu, jadi mulai dari beban yang ringan kemudian bertahap ke beban yang lebih berat. Kemungkinan besar jika kamu menggunakan beban yang langsung berat, kemungkinan kamu akan terseleo.
  • Gunakan cara yang tepat dengan cara menggunakan alat dan beban sesuai kebutuhan kamu jangan paksakan otot kamu melalui beban yang terlalu berat secara berlebihan hal ini dapat menyebabkan cedera pada otot kamu.
  • Lakukan secara bertahap dalam artian semakin lama semakin meningkatkan beban dan semakin menguras tenaga misalnya latihan pada set pertama lakukan 15 kali dengan menggunakan beban 5 kg kemudian istirahatkan otot kamu setelah itu mulai lagi dengan 10 kali menggunakan berat 7 kg dan seterusnya. 
  • Kardio luangkan waktu kamu untuk hal ini setidaknya 30 menit di tredmil lakukan 2 kali seminggu cardio dapat membantu membakar lemak dan baik untuk kesehatan jantung seimbangkan dengan fitnes kamu. 
  • Pola makan sekalipun kamu harus rutin dalam latihan namun makanan kamu tidak karuan dipastikan latihan kamu tidak akan memberikan hasil yang maksimal jadi perhatikan apa saja yang kamu makan jauhi makanan yang mengandung karbohidrat tinggi kadar gula yang tinggi serta gorengan 
  • Lakukan pola hidup sehat untuk melakukan pola hidup sehat
Mungkin cuma itu Cara Latihan Fitness Yang Benar yang perlu kamu perhatikan, meskipun terlihat sepele, tapi itu sangat berpengaruh sukses atau tidaknya kamu melakukan fitness.
Tetap semangat, lakukan fitness sebaik mungkin, sampai kamu merasakan hasilnya.
More aboutCara Latihan Fitness Yang Benar

Latihan Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan

Diposkan oleh Sohibul Fadlillah on Selasa, 18 Desember 2012

Berikut Latihan Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan dan tips pendukung lainnya yang bisa kamu lakukan selain berfitness..

Olahraga ini bukanlah hal yang sulit, namun karena kemalasan seseorang yang tidak ingin berusaha keras beranggapan bahwa ini adalah hal yang sulit.

Seperti halnya Latihan fitness untuk mengecilkan perut, awalnya saya menganggap sulit, tapi setelah saya lakukan beberapa hari ternyata tidak sulit, justu yang awalnya saya menganggap sulit kini menjadi suatu yang menyenangkan, itu karena sudah terbiasa dan sudah tau hasilnya.

Latihan menurunkan berat badan, saya sarankan kamu untuk melakukan fitness kardio atau yang lebih populer orang menyebutnya sebagai aerobik dan jenisnya diantaranya Jogging, Senam, Bersepeda dan renang .

Jogging

Teknik yang baik melakukan kordio  adalah kordio HITT (High Intensity Interval Training) yaitu latihan kardio yg menggunakan kombinasi antara latihan intensitas tinggi dg intensitas sedang atau rendah dalam selang waktu tertentu. Contohnya adalah dengan cara berlari sprint kira-kira 20 - 30 detik & diikuti dengan berjalan atau lari-lari kecil selama 60-90 detik tergantung dg kondisi kebugaran masing-masing.

Tips Pendukung :

  • Hindari lemak dan kurangin karhobidrat
  • Kurangin gula dalam minuman anda
  • Makanlah minimal 3x sehari 
  • Makanlah paling akhir 3 jam sebelum tidur
  • Kurangin makanan gorengan gantilah dengan makanan rebus
  • Selalu memilih jalan kaki daripada eskalator
  • Istirahat secukupnya
Itulah Latihan Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan serta tips pendukung yang bisa kamu lakukan jika ingin menurunkan badan secara maksimal. Lakukan secara rutin, dan jangan lupa untuk tetap semangat.


More aboutLatihan Fitness Untuk Menurunkan Berat Badan

Latihan Fitness Untuk Mengecilkan Perut

Diposkan oleh Sohibul Fadlillah on Senin, 17 Desember 2012

Berikut tips Latihan Fitness Untuk Mengecilkan Perut, Tentunya tidak sulit asalkan mau berusaha dan tetap semangat latihan fitness.

Sebelumnya sempat dibahas Latihan fitness untuk dada, nah pada kesempatan kali ini akan kita bahas masalah perut. Perlu anda tau bahwa Perut terlalu gendut bisa membuat seseorang hilang percaya diri, oleh karena itu, orang yang merasa gendut ingin sekali mengecilkan perut.

Tapi terkadang hanya ingin jalan pintas agar perutnya tidak lagi buncit, dan apa yang terjadi??? Hasilnya perut buncit hanya bisa dilewati beberapa bulan saja, setelah itu perutnya buncit lagi. Jadi saya sarankan untuk Latihan Fitness Untuk Mengecilkan Perut, dan dilakukan secara rutin.

1. Leg Rises

Leg Rises
Langkah-langkah:
  • Berbaring lurus sejajar
  • Letakkan kedua tangan di samping
  • Angkat lurus kedua kaki ke atas membentuk 45 derajat
  • Tahan selama dua menit
  • Kemudian turunkan kaki jangan sampai menyentuh lantai

2.  Sit Up
Sit Up
Langkah-langkah:
  • Berbaring telentang dengan kaki menekuk dan tangan dibelakang kepala
  • Angkat tubuh mendekati lutut
  • Semua gerakan fokus pada urat yang ada pada perut.
Itulah Latihan Fitness Untuk Mengecilkan Perut yang bisa kamu praktekkan tanpa alat bantu, bisa kamu praktekkan di rumah sendiri atau di tempat fitness tempat anda biasa melakukan fitness.

More aboutLatihan Fitness Untuk Mengecilkan Perut